wisata purworejo

Wisata di Purworejo 

Puncak Geger Menjangan




Wisata Purworejo Jawa Tengah yang berupa wisata alam berikutnya adalah Puncak Geger Menjangan. Objek wisata yang dinikmati di sini terutama adalah keindahan Kota Purworejo serta Pantai Selatan dari ketinggian sebuah bukit. Kawasan Geger Menjangan sendiri menawarkan aneka objek rekreasi lainnya. Termasuk di antaranya adalah kolam renang, taman permainan anak hingga meja biliar. Untuk kolam renang serta taman pemancingannya berada di pintu masuk dari kawasan ini. Sementara meja biliar ada di puncak bukit. Untuk kaum muda tersedia arena minicross serta panjat tebing. Lokasi ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertunjukan umum. Keindahan alam yang dilihat dari ketinggian merupakan daya tarik utama dari kawasan Geger Menjangan. Agar dapat menikmati keindahan tempat ini, pengujung dapat berjalan kaki sejauh satu koma delapan kilometer menyusuri sebuah jalan setapak yang dibangun menggunakan paving block. Perjalanan mulai dari pintu masuk hingga puncak bukitnya sendiri cukup menantang. Wisatawan dapat mendaki bukit setinggi seratus tujuh puluh lima meter. Di puncaknya, terdapat gardu pemandangan berukuran enam kali sepuluh meter yang sengaja dibangun agar pengunjung bisa menikmati keindahan kota Purworejo dan juga Pantai Selatan dari ketinggian. Keindahan alam ini terutama akan dapat lebih dinikmati pada saat cuaca sedang cerah. Lokasi wisata Geger Menjangan ini ada di timur laut dari Kota Purworejo, tepatnya di Kelurahan Baledono.

Makam Kyai Imam Puro

Wisata di Purworejo Jawa Tengah berikutnya adalah makam Kyai Imam Puro. Letaknya masih ada di sekitar Geger Menjangan. Kyai yang satu ini merupakan salah satu tokoh besar yang dinilai berjasa terkait keberadaan Kabupaten Purworejo. Bahkan karena jasa-jasanya yang terbilang besar ini, sejarahnya sempat ditawarkan untuk menjadi tonggak hari jadi dari Kabupaten Purworejo.

Benteng Pendem

Wisata di Purworejo Jateng juga termasuk Benteng Pendem. Wilayah Purworejo sendiri pernah dijadikan sebagai pangkalan militer pada masa penjajahan Jepang. Salah satu buktinya adalah benteng kuno yang digunakan untuk menahan gempuran dari Pantai Selatan. Akan tetapi pada masa sekarang, benteng tersebut sudah tidak beroperasi lagi dan dijadikan objek wisata yang cukup menarik minat wisatawan. Benteng Pendem terutama terletak di Perbukitan Dukuh Kaliwaru, Dusun Bapangsari. Lokasinya ada di ketinggian dua ratus meter di atas permukaan air laut. Peta wisata Purworejo menunjukkan bahwa benteng ini telah dibangun pada 1945 dan jumlahnya ada dua puluh sembilan buah. Pada masa Jepang dahulu, pembangunan benteng bertuuan untuk tempat pertahanan serta pengintaian tentaraJepang dalam menghadapi musuh dari arah Pantai Selatan. Sayangnya kini benteng ini dalam keadaan kurang terawat.

wisata purworejo wisata purworejo Reviewed by josnia blog on 23.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads
Diberdayakan oleh Blogger.